Pengertian Sistem Operasi Android

Pengertian Sistem Operasi Android
Android
Android adalah sistem operasi untuk telepon seluler yang berbasis Linux. Android menyediakan platform terbuka bagi para pengembang untuk menciptakan aplikasi mereka sendiri untuk digunakan oleh bermacam peranti bergerak. Awalnya, Google Inc. membeli Android Inc., pendatang baru yang membuat peranti lunak untuk ponsel. Kemudian untuk mengembangkan Android, dibentuklah Open Handset Alliance, konsorsium dari 34 perusahaan peranti keras, peranti lunak, dan telekomunikasi, termasuk Google, HTC, Intel, Motorola, Qualcomme, TMobile, dan Nvidia.
Terdapat beberapa versi pada sistem operasi Android yang pernah dirilis adalah sebagai berikut:
a.         Android versi 1.1
Pada 09 Maret 2009, Google merilis Android versi 1.1 dengan pembaharuan estetis pada aplikasi, jam, alarm, voice search (pencarian suara), pengiriman pesan dengan Gmail dan pemberitahuan email.
b.        Android versi1.5 (Cupcake)
Dirilis pada pertengahan Mei 2009, terdapat beberapa fitur dalam seluler versi ini yakni kemampuan merekam dan menonton video dengan modus kamera, meng-upload video ke Youtube dan gambar ke picasa langsung dari telepon, dukungan Bluetooth A2DP, kemampuan terhubung langsung ke headset Bluetooth, animasi layar dan keyboard pada layar yang dapat disesuaikan dengan sistem.
c.         Android versi 1.6 (Donut)
Dirilis pada September dengan proses pencarian lebih baik dibanding dengan sebelumnya, pengguna baterai indicator dan control applet VPN.
d.        Android versi 2.1 (Eclair)
Pada 3 Desember 2009, perubahan yang dilakukan adalah pengoptimalan hardware, peningkatan Google Maps 3.1.2, perubahan UI dengan browser baru dan dukungan HTML5, daftar kontak yang baru, dukungan flash untuk kamera 3.2 MP, digital Zoom dan Bluetooth 2.1.
e.         Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
Android Froyo dirilis pada 20 mei 2012. Android versi ini memiliki kecepatan kinerja dan aplikasi dua sampai lima kali dari versi-versi sebelumnya. Selain itu ada penambahan fitur-fitur baru seperti dukungan Adobe Flash 10.1,  intergrasi V8 JavaScript engine yang dipakai Google Chrome yang mempercepat kemampuan rendering pada browser, pemasangan aplikasi dalam SD Card, kemampuan WiFi Hotspot portabel, dan kemampuan auto update dalam aplikasi Android Market.
f.         Android versi 2.3 (GingerBread)
Rilis pada 6 Desember 2010. Perubahannya antara lain peningkatan kemampuan permainan (gaming), peningkatan fungsi copy paste, layar antar muka (User Interface) didesain ulang. Terdapat dukungan kemampuan Near Field Communication (NFC), dan dukungan jumlah kamera yang lebih dari satu.
g.        Android versi 3.0 (HoneyComb)
Android Honeycomb di rilis pada awal 2012. Merupakan versi Android yang dirancang khusus untuk device dengan layar besar seperti Tablet PC. Fitur baru yang ada pada Android Honeycomb antara lain yaitu dukungan terhadap prosessor multicore dan grafis dengan hardware acceleration. User Interface pada Honeycomb juga berbeda karena sudah didesain untuk tablet. Tablet pertama yang memakai Honeycomb adalah tablet Motorola Xoom yang dirilis bulan Februari 2011.
h.        Android versi 4.0 ICS (Ice Cream Sandwich)
Diumumkan pada 10 Mei 2011. Fitur baru Android Ice Cream Sandwich seperti membuka kunci dengan pengenalan wajah, mencari email secara offline, dan berbagi informasi dengan menggunakan NFC.
i.          Android versi 4.1 Jelly Bean
Android Jelly Bean diluncurkan pada 10 Mei 2011. Android versi ini meningkatkan input keyboard, desain baru fitur pencarian, UI yang baru dan pencarian melalui Voice Search yang lebih cepat. Versi ini juga dilengkapi Google Now.
j.          Android versi 4.2 Jelly Bean

Fitur photo sphere untuk panaroma, daydream sebagai screensaver, power control, lock screen widget, widget terbaru. Android 4.2 Pertama kali dikenalkan melalui LG Google Nexus 4.



Bagikan :





Artikel Terkait

2 Responses to "Pengertian Sistem Operasi Android "

  1. Artikelnya keren gan.. Jangan lupa kunungi juga ya
    https://mirandarosadi85.wordpress.com/2015/04/14/macam-macam-rak-buku-unik-pelengkap-arsitektur-rumah/

    BalasHapus
  2. lengkap sekali min penjelasannya, makasih sudah share...
    blower hp

    BalasHapus