Share tugas dari kampus , mungkin ajah berguna, tugasnya tentang membuat gambar dengan software strawberry prolog.
gambar yang akan dibuat yaitu pemandangan gunung, dengan menggunakan garis(line),
persgi(rect) ,dan lingkaran (ellipse). Selain itu juga pen untuk border dan
brush untuk warnanya.
Output setlah program jadi
seperti berikut :
Berikut
langkah pembuatannya :
1.
Buka software
Strawberry Prolog
2.
Untuk
mempermudah pembuatan gambar disini sayamembagi gambar-gambar tersebut ke dalam
blok-blok program. Seperti untuk membuat matahari saya beri nama %matahari
start (blok matahari di mulai). Hal pertama yang harus di lakukan adalah
menampilkan window yang akan di isi untuk output gambar. Untuk menampilkan
window tulis kode berikut,
Pada kode diatas,terdapat kode ”?-“ itu adalah sintak yang di gunakan untuk memulai
program yang di tulis pada strawberry prolog. Di sini kita dapat mengatur tinggi
dan juga lebar pada jendela output . kalimat “pemandangan” merupakan judul
dari jendela outputnya, lalu untuk“...50,50,700,700)” merupakan
koordinat dan ukuran jendela output yang akan ditampilkan. Untuk “50,50“merupakan jarak
antara tepi monitor kiri dan tepi dari
monitor bagian atas kebawah. sedangkan “700” dan “700”
merupakan besar/lebarnya jendela output. Pada kode “gunung(paint):-” berfungsi
untuk menandakan jendela output digunakan untuk menampilkan gambar.
3. Objek pertama yang saya buat adalah matahari berikut langkah
pembuatannya.
1. Pada proses ini kita membuat garis untuk cahaya pada matahari.,untuk
garis ini hanya di gunakan line dengan ketebalan Pen 5 dan warna kuning. Berikut
kodenya
2. Setelah di buat garis cahaya lalu di timpa dengan ellipse yang berwarna
kuning.tepat di tengahnya.warna ini di dapatkan dari fungsi brush. Kodenya : brush(rgb(255,255,0)),
ellipse(295,45,375,125)
3. lalu pembuatan mata dengan
menggunakan ellipse yang ukurannya sama, tapi koordinatnya berbeda, dengan
border berwarna hitam dan brush berwarna putih.
4. Untuk membuat senyum pertama kita membuat linkaran
ellipse(320,90,350,115),
Lalu diberi warna kuning dengan border hitam. Untuk
membuat senyuman kita butuh setengah lingkaran. Untuk itu kita menimpa
lingkaran dengan kotak dengan koordinat rect(320,90,350,105) . warnanya kuning
di samakan dengan warna matahari agar tidak terlihat.
5. Yang terakhir prhatikan posisi nya
4.
Untuk selanjutnya adalah
pembuatan gunung, untuk pembuatan gunung tidak sepanjang
A. pertama buat lingkaran besar
dengan warna hijau untuk kodenya bisa liat di kode sumber. Linkaran tersebut di
warnai dengan warna hijau menggunakan brush.
B. Setelah di buat lingkaran kita harus membelahnya agar terlihat seperti
gunung. Untuk membelah kita menggunakan prsegi dengan perintah rect. Dan
warnanya putih.
5.
Setelah itu membuat jalan ,
untuk membuat jalan hanya di butuhka 2 garis , dengan garis tengah yang putus2.
Garis putus-putus di dapatkan dari garis pendek yang di atur posisinya
6.
Selanjutnya membuat rumah ,
untuk pembuatan rumah hanya di butuhkan line rect dan ellipse tanpa menggunakan
brush . jadi line di susun sehingga membentuk rumah dan untuk pintu
mengguanakan rect dan gagang pintunya menggunakan ellipse.
7.
Terakhir
kita membuat orang nya , untuk membuat objek orang yang di butuhkan hanya
ellipse dan line Tanpa brush , kode blocknya dapat di lihat di kode sumber .
yang perlu di perhatikan adalah ellipse karna ellipse ini sangat kecil jadi
perlu ketelitian.
Pembuatan
objek orang di bagi menjadi 2 yaitu cowo dan cewe. Prbedaanya hanya pada
pakaian yang di kenakan.
Saran saya
setelah membuat objk orang cowo dapat di copy dan hanya mengubah koordinat x1
dan x2 nya saja.
Bagikan :
bor banysk kodingan yg rusak yuh
BalasHapus