Pengenalan MySQL

Mulai dari posting ini gua bakal share tentang semua tugas dari kampus , jadi di kampus gua setiap praktikum ada laporan akhir. seperti namanya laporan akhir berisi tentang apa ajah yang di pelajari saat praktikum berlangsung .
posting perdana kali ini bakal membahas tentang pemrograman berbasis database yaitu MySQL ,  chek it out!!!


MySQL

Pada LA pertama ini akan di bahas tentang perintah-perintah dasar pada my sql, seperti Membuat, menampilkan dan menggunakan file Database, Membuat field dengan tipe datanya, Menentukan Primary key, Mengganti nama field, table dan Database, Menambahkan field baru, dan terakhir Menghapus Database.

Sebelum kita menggunakan perintah2 di atas ada baiknya kita mengenal lebih jauh tentang my sql berikut penjelasannya:

MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL.

Sebelum kita menggunakan MySql kita harus menginstall nya terlebih dahulu. Klo disini saya menggunakan xampp , karena pada xampp sudah di paket dengan mysql.

Oke berikut langkah-langkahnya:

1. Perttama kita harus menjalankan MySql, karena saya memakai xampp maka langkah2 yang harus di lakukan sebagai berikut


- Buka xampp control panel dan aktifkan/start MySQL
- Setelah itu minimize, lalu buka cmd dan pindah ke deirektori MySql. Contohh saya menginstall xapp di drive C:\ maka path nya C:\xampp\mysql\bin
- Setelah pindah direktori masuk ke Mysql dengan mengetikkan perintah berikut .

mysql-u root
- Perintah diatas berfungsi untuk menghubungkan kita ke mysql, sehingga kita dapat membuat, mengubah dan menghapus database / table . jika cara diatas sudah di lakukan dengan benar maka akan jadi seperti gambar di bawah ini:




2. Gambar di atas menunjukkan kita sudah terkoneksi dengan MySql. Perintah pertama yang akan kita lakukan adalah membuat database. Berikut langkahnya

a. Di sini saya akan membuat database bernama mahasiswa, perintah yang di perlukan adalah sebagai berikut

mysql> CREATE DATABASE mahasiswa;

b. Setelah kita buat , tinggal cek sudah ada belum databsenya dengan mengetikkan perintah

Mysql>show databases:



c. Hasil diatas menunjukkan bahwa database mahasiswa sudah di buat. Untuk menggunakan database tersebut ketikkan perintah berikut

mysql> USE Nama_database;

hal ini di lakukan jika kita ingin menyimpan table/data pada database.

d. Setelah databse dapat di gunakan , kini kita membuat table. Untuk contoh table ini di beri nama mhs. Berikut perintahnya

Mysql>create table mhs(nama_field tipe data ,……..);

e. Disini saya memasukkan beberapa field yaitu npm, nama, kelas dan alamat. Setelah field di buat , untuk melihat hasilnya ketikkan desc nama-table; untuk lebih jelasnya liat gambar berikut:



d. setelah table di buat seperti di atas, kali ini kita menentukan primary key, primary key ini berguna untuk menjadi kata kunci dan penghubung antar database/ table. Berikut perintahnya

mysql> alter table nama_table add primary ke (field_yang_diberi_key);

untuk contohberikut menggunakan table mhs, dan yang akan di ubah menjadi primary key adalah npm . jika berhasil maka akan jadi seperti ini :



f. Selanjutnya mengganti nama field yang sudah di buat. Bentuk umum:
mysql> ALTER TABLE Nama_table CHANGE nama_kolom nama_kolom_baru tipe_data;



g. Lalu jika kita ingin mengganti nama table , tinggal ketikkan perintah berikut mysql> ALTER TABLE Nama_table RENAME Nama_baru; fungsi rename adalah mengubah nama.



h. Menambahkan field baru pada table. Untuk menambah field baru kita masih menggunakan perintah alter, hanya ditambahka add berikut contohnya:
mysql> alter table Nama_table add Nama_field tipe_data first;

Fungsi dari first adalah menempatkan field yang baru di but terletak paling awal. Jika tidak menggunakan first maka field akan masuk pada baigian terakhir.
i. Untuk yang terakhir adalah menghapus database, perintah yang di gunakan adalah mysql> drop database Nama_database; berikut ini kita akan mencoba menghapus database mahasiswa yang sudah di buat



Database mahasiswa yang ada tadi sudah terhapus


Bagikan :





Artikel Terkait

7 Responses to "Pengenalan MySQL"

  1. sebelumnya saya kurang paham dengan mysql ini
    mudah - mudahan di sini saya bisa memperdalam pengetahuan saya tentang sql
    thanks sob :)

    BalasHapus
  2. nice share mas.. tapi saya masih belum ngerti sama yang beginian :D

    BalasHapus
  3. postinga tahap tinggi..gak ngerti,..tp setidaknya,..sdh tau ap itu mysql..!

    BalasHapus
  4. Ini pembelajaran yang berguna buat kami teman, terimakasih

    BalasHapus
  5. bermanfaat,tapi adakah contoh yang lebih singkat lagi karena saya kurang mengerti.

    BalasHapus